Kamis, 26 September 2019

ROADMAP KEHIDUPAN KU DULU, SEKARANG DAN MASA DEPAN


Apakah kalian percaya bahwa hidup adalah ujian ? Sebagian besar kaum dan salah satunya kaum muslim akan mempercayai hal ini, karena kita diajari ada kehidupan lain di alam lain setelah kematian. Ada surga dan neraka, dan kehidupan di dunia ini merupakan ujian yang akan menentukan di mana kita berada nantinya. Namun untuk mencapai tujuan di dunia kita juga harus merencanakan juga ya :)

Maka dari itu disini saya akan menguraikan secara ringkas Roadmap kehidupan saya :')

Saya Wimba Zainrona terlahir di semarang dan terlahir sebagai seorang muslim alhamdulillah. Saya lahir di tahun 1996. Pada tingkat sekolah dasar saya ingin bercita-cita menjadi seorang ilmuwan / peneliti. Dari kecil saya sangat senang jika diberi kepercayaan oleh guru saya untuk mengikuti beberapa kompetisi dari bidang sains maupun sosial. Walaupun hanya masuk sebagai finalis saya tidak pernah bosan untuk terus berusaha. Beranjak dari SMP kemudian SMK saya mulai menemukan jati diri saya. Saya bersekolah di SMK Negeri 4 Semarang dengan mengambil Jurusan Teknik Elektro Industri. Momen yang tidak terlupakan yaitu ketika saya mewakili sekolahan untuk mengikuti ajang bergensi SMK yaitu LKS (Lomba Kompetisi Sekolah) dengan bidang Industrial Control saya lolos dari tingkat Kota dan melaju ke tingkat Provinsi. Namun saya terhenti di Tingkat Provinsi dan meraih posisi ke-6. Di jenjang SMK saya memulai sadar untuk mengikuti organisasi sekolah seperti OSIS dan Paskibra. Setelah itu saya melanjutkan pendidikan saya di Politeknik Negeri Semarang dengan mengambil program studi Sarjana Terpan Teknik Telekomunikasi.

Singkatnya di Kuliah ini selain mengikuti semua mata kuliah yang padat saya juga sadar akan organisasi, saya mengikuti organisasi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Pengembangan Pengetahuan. Disini saya banyak belajar dan bergaul dengan teman-teman setingkat maupun kakak tingkat. Selain itu saya dan teman-teman UKM membentuk sebuah Tim PHBD (Program Hibah Bina Desa), alhamdulillah UKM PP dan juga POLINES pertama kali lolos dalam pendanaan proposal, bahkan kami lolos 2 proposal waktu itu. Tujuan kami membuat proposal yaitu untuk membina desa di daerah Boyolali untuk pengembangan kacang ruji sebagai pengganti kedelai dan penerapan teknologi penggiling untuk membuat pestisida alami dari tembakau. Banyak hal yang saya dapatkan tentang program dari Dikti ini, mulai dari bagaimana mengenal karakteristik warga desa hingga bagaimana cara membina warga agar dapat mengembangkan potensi yang ada di desanya.

Selain itu saya mendapatkan dana hibah untuk penelitian yaitu PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dibidang karsa cipta. Dan alhamdulillah saya lolos pendanaan 2 kali. Disini saya dan tim membuat sistem kontrol dan monitoring penggunaan listrik serta barang elektronik dan satu nya lagi membuat sistem monitoring kebersihan kandang dan kesehatan sapi. Selain itu saya juga lolos pendanaan program mahasiswa wirausaha untuk membuat usaha nugget sayur. Dari ini semua saya mendapatkan kesempatan menjadi perwakilan POLINES untuk menjadi bagian dari Beswan Djarum. Alhamdulillah saya mendapatkan Beasiswa Djarum Plus dari Djarum Foundation. Saya sangat bersyukur dapat bertemu dengan 499 mahasiswa dari seluruh Indonesia, dan mengikuti berbagai kegiatan untuk melatih soft skill saya. Saya juga diberi kesempatan juga untuk menerima beasiswa produktif dari Badan Amil Zakat Nasional untuk menjadi relawan zakat. Dari hard skill maupun soft skill yang sudah dimiliki saya mendapatkan kesempatan magang di perusahaan telekomunikasi di PT. Datacomm Diangraha selama 6 Bulan.

Dan akhirnya saya harus segera menyelesaikan Tugas Akhir saya dan di tahun 2019 saya dapat lulus di jenjang Sarjana saya. Alhamdulillah sekali :)

Oh iya untuk masa depan saya agar dapat mencapai tujuan hidup saya, saya perlu merumuskan peta kehidupan. Tentang apa yang akan saya lakukan dalam kurun waktu 10 - 20 tahun kedepan dan tentang apa yang akan saya perjuangkan.

Berikut RoadMap kehidupan saya dimasa depan, dan semoga bisa terwujud. Aminn

2019 - 2021 : Kuliah S2 di POLINES, Mengikuti konferensi ilmiah dan membuat suatu penelitian, Merencanakan Thesis dan Sidang Thesis

2022 - 2024 : Bekerja diperusahan telekomunikasi, merintis usaha dan Menikah

2025 - 2028 : Kuliah S3 dan melakukan penelitian serta mengikuti konferensi ilmiah, menabung untuk umroh dan haji

2028 - 2032 : Menjadi dosen dan mengebangkan usaha

2033 - selesai : Planning for the next target

Mungkin sekian dari saya :)
Kesimpulan dari saya memosting blog ini yaitu selalu semangat dalam menjalani kehidupan ini, raih cita-citamu bahagiakan kedua orang tuamu dan jangan lupa ibadahmu untuk bekal nanti di akherat. Semoga kita termasuk orang orang yang beruntung aminn :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar