Selasa, 24 September 2019

SISTEM CERDAS YANG BERADA DISEKITAR KITA

Sistem cerdas adalah sistem yang dapat mengadopsi sebagaian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan eksternal suatu sistem. Sebagian kecil dari tingkat kecerdasan itu antara lain: kemampuan untuk dilatih, mengingat kembali kondisi yang pernah dialami, mengolah data-data untuk memberikan aksi yang tepat sesuai yang telah diajarkan, dan kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli melalui perintah yang dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu. Berikut adalah contoh sistem cerdas yang ada di lingkungan sekitar kita :


1. Vending Machine

Vending Machine adalah mesin yang digunakan untuk mengeluarkan/menjual produk secara otomatis tanpa ada operator. Operator tidak perlu menunggu mesin, tetapi hanya bertugas untuk mengisi, memeriksa ketersediaan barang yang dijual dan memeriksa mesin. Saat ini vending machine mudah kita jumpai di negara-negara maju yang digunakan sebagai alat untuk menjual berbagai macam produk. Vending Machine menurut sejarahnya ditemukan pada abad pertama oleh seorang pahlawan dari Alexandria. Vending Machine modern pertama kali diperkenalkan di London pada tahun 1880, vending machine ini menjual kartu pos. Sedangkan di US pada tahun 1888 dibuat vending machine untuk menjual permen karet, mesin dibuat oleh Thomas Adams Gum Company yaitu perusahaan pembuat permen karet. Perkembangan vending machine justru berkembang pesat di Jepang. Wah keren ya kalau semua barang bisa kita dapatkan di vending machine

Cara kerja vending machine adalah dengan melakukan pembayaran (baik menggunakan uang ataupun sistem lainnya) kepada mesin kemudian memilih produk, setelah itu produk yang dipilih akan segera keluar. 

Kelebihan yang didapatkan jika menggunakan sistem ini adalah :

- Praktis : Dengan alat vending machine ini masyarakat tidak perlu bersusah payah lagi untuk mengantri , karna pada umumnya banyak masyarakt yang masih awam menggunakan vending machine tersebut.
- Efisien : Memudahkan karna kita saat sedang ingin membeli softdrink , hanya softdrink saja yang tersedia. Dengan kata lain vending machine tersebut hanya menyediakan softdrink saja.
- Tidak perlu menggaji mesinnya setiap bulan.
- Tidak memerlukan tenaga ahli untuk memasukan barang ke dalam vending machine.


Walau vending machine sangat lah praktis, namun tidak menutup kemungkinan masih di temukannya beberapa kekurangan. 
Kelemahan dalam vending machine tersebut, antara lain adalah:

- Sering terjadi penolakan saat pembeli ingin memasukan uang tunainya karna uangnya lecak/uang dalam kondisi sudah kurang dari 70%. 
- Uang tertelan saat listrik padam.
- Mematikan pedagang kaki 5.

Video 1. Vending Machine


2. ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia. Banyak ATM juga melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko. ATM modern pertama yang berfungsi ditemukan oleh Sir John Shepherd-Barron tanggal 27 Juni 1967 di Inggris. Mesin tersebut dipasang di Bank Barclays cabang Enfield di Inggris. Oleh karena jasanya, Ratu Inggris pada tahun 2004 memberikan gelar “Most Excellent Order of the Britis Empire” kepadanya.

Mesin ATM mulai ramai digunakan di Indonesia pada tahun 1980an, pengguna ATM pertama di Indonesia adalah bank HSBC dan bank Niaga. Dengan persaingan pasar yang besar, maka bank – bank lain juga ikut memasang ATM untuk memudahkan nasabah mereka dalam menarik uang. ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, stasiun kereta api, terminal bus, pasar tradisional, dan kantor-kantor bank itu sendiri.
Cara kerja mesin ATM mudah dan sederhana. Yang pertama kamu lakukan ialah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Setelah kartu dimasukkan, maka kartu akan dibaca oleh magnetic card reader yang berfungsi sebagai pembaca dan penerima data. Setelah dibaca, data dikirim ke sistem komputerisasi bank.

Kelebihan : 
- mempermudah transaksi perbankan

- tidak repot-repot membawa uang banyak pastinya
- keamanan dijamin oleh pihak bank

Kekurangan : 
- lokasinya tidak tetap,tidak selalu ada di suatu tempat.
- bisa terjadi skimming,yaitu bekas bekas data pin bisa disadap oleh pencuri.

Video 2. Mesin ATM


3. Automatic Sliding Door (Pintu Geser Otomatis)

Automatic Sliding Door atau Pintu Geser Otomatis adalah suatu perangkat yang dapat mendeteksi kehadiran manusia atau objek hidup lainnya. Automatic sliding door biasanya sering kita temui di mall, perkantoran, apartemen dan pabrik. Penggunaan automatic sliding door juga sangat praktis, kita tidak perlu memegang gagang pintu untuk membukanya, kita hanya perlu berjalan menghampirinya maka pintu akan otomatis terbuka dan akan otomatis tertutup kembali.

Cara Kerja sistem ini adalah bisa menutup dan membuka sendiri dengan sistem sensornya. Sistem sensor pada pintu geser kaca otomatis ini adalah sebuah perangkat yang dapat mendeteksi keberadaan seseorang atau sebuah objek  ketika seseorang atau objek tersebut mendekati pintu otomatis. Biasanya, sensor-sensor tersebut akan diletakkan di sekitar pintu otomatis. Sensor-sensor ini juga akan diletakkan di kedua sisi yaitu sisi dalam dan sisi luar pintu otomatis tersebut, sehingga pintu otomatis dapat bekerja dari kedua sisi. Sensor kemudian akan mengaktifkan sistem yang akan menggerakkan motor yang akan membuka dan menutup pintu otomatis.

Jika anda ingin tahu bagaimana cara kerja pintu geser kaca otomatis dalam dunia nyatanya silahkan pergi ke mall dan pusat–pusat perbelanjaan karena sudah memakai alat canggih ini yang tentunya mempermudah aktivitas kita.

Kelebihan :
- Otomatis dan tidak perlu ribet membuka pintu pastinya

- Tidak memakan banyak tempat layaknya pintu biasanya

Kekurangan :

Pintu ini sangat rawan terhadap kotoran pada bagian relnya. Apabila menumpuk hal ini dapat membuat pintu menjadi tidak bisa dibuka atau di tutup.


Video 3. Automatic Sliding Door

4. Smart Watch


Smartwatch merupakan jam tangan yang dilengkapi dengan layar dan memiliki kemampuan untuk lebih dari sekedar memberitahukan waktu kepada penggunanya. Atau dengan kata lain, jam tangan pintar merupakan perangkat pintar yang anda kenakan pada pergelangan tangan anda. Jam tangan pintar merupakan perangkat yang memiliki kemampuan komputasi yang cukup tinggi. Dengan kemampuan tersebut, Smartwatch menawarkan fasilitas yang tidak ada pada jam tangan biasa. 

Smartwatch merupakan perangkat yang di desain sebagai pelengkap atau berpasangan dengan ponsel pintar (Smartphone). Dengan begitu, anda bisa menikmati fitur-fitur seperti koneksi internet, menjalankan aplikasi Smartphone anda, melakukan panggilan telepon, membuat pesan via text atau video, memonitor caller ID, melihat kondisi cuaca, mengontrol tingkat kebugaran, mendapatkan koordinat GPS dan lokasi, serta masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh perangkat Smartwatch ini. Beberapa perusahaan ponsel pintar telah memunculkan produk jam tangan pintar ke pasaran. Tentu saja hal ini juga dibarengi dengan munculnya perangkan ponsel pintar yang mampu bekerja bersama dengan Smartwatch, Seperti Samsung Galaxy Note 3 dengan Gear Watch-nya. Pada 2015 ini, beberapa perusahaan besar juga memiliki keinginan untuk merambah pasar ini, seperti Google, Samsung, Apple, LG, Sony, Pebble dan beberapa perusahaan lainnya.

Cara Kerjanya Jam tangan pintar ini terhubung dengan perangkat ponsel anda menggunakan konektivitas Bluetooth dan untuk beberapa Smartwatch telah menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication). Ketika anda telah bisa menyambungkan Smartwatch ke dalam Smartphone, anda bisa memilih berbagai pemberitahuan yang bisa anda dapatkan seperti, pesan masuk, email, panggilan telepon dan aktivitas sosial media. Banyak jam tangan pintar yang mampu melakukan berbagai hal lainnya, seperti mengontrol musik yang ingin anda mainkan dalam ponsel anda atau mengambil gambar dengan menggunakan kamera ponsel. Fungsionalitas yang sangat bervariasi tersebut tergantung jenis dari Smartwatch yang anda beli. Oleh karena itu, pastikan anda memilih Smartwatch yang sesuai dengan kebutuhan anda sebelum membelinya.

Kelebihan :
- Nyaman
smartwatch hadir sebagai aksesoris pendukung yang sesuai dengan fungsinya yaitu membuat penggunanya nyaman. Kita bisa melihat langsung notif tersebut melalui smartwatch kita tanpa perlu menggunakan smartphone jika merasa ada notif yang janggal. 
- Fitur yang Bermanfaat
fitur kesehatan seperti cek tekanan darah , memantau pola tidur , menakar kalori pada pola makan kita , dll.
- Desain yang Menarik
Smartwatch sendiri memiliki berbagai macam varian desain pada setiap merek. Berbeda saat menggunakan jam tangan biasa . Saat kita menggunakan smartwatch sendiri , penampilan kita lebih terlihat percaya diri. Ini juga didukung dengan fitur - fitur yang terdapat pada smartwatch.
- Dapat Menggantikan Smartphone
Semakin berkembangnya smartwatch , banyak sekali fitur - fitur yang bermunculan untuk memberikan manfaat bagi penggunanya. Hingga perlahan smartwatch sendiri mampu menyamain smartphone dalam hal kepentingan pada umumnya ( seperti chattingan ,  telpon ,dll).
Smartwatch sendiri juga sudah mulai meningkatkan spesifikasinya agar semakin terlihat mantap bagi penggungannya.

Kekurangan :
- Harga Mahal
Sebenarnya tergantu merek siih tapi mimin ya bisa mengatakan begitu kenapa ? karena rata - rata smartwatch sendiri mematok harga yang lumayan fantastic. Semakin besar harganya semakin mantap fiturnya. Ini merupakan salah satu yang perlu di pikirkan jika ingin memiliki smartwatch yang ga tanggung - tanggung.
- Baterai yang Kecil
Tak lepas dari kesamaan smartwatch dengan jam tangan biasa. Smartwatch sendiri memiliki baterai yang bisa dibilang seperti smartphone. Dengan kapasitas yang tidak begitu besar dan daya tahan yang paling lama 2-3 hari. Jika digunakan dengan sering atau keperluan fiturnya makan akan lebih cepat memakan daya.
Video 4. SmartWatch


5. Deteksi Plat Nomer Kendaraan



Deteksi plat nomor kendaraan merupakan suatu Kontrol otomatis dengan menggunakan web cam yang merupakan suatu alat berfungsi secara otomatis untuk mengetahui posisi plat nomor dalam suatu badan mobil. Banyak aplikasi yang menerapkan penelitian tersebut. Deteksi plat nomor sangat diperlukan misalnya dalam sistem perparkiran, jalan tol, dan lain sebagainya. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat meringankan beban manusia dan mempersingkat waktu akses pada pintu masuk parkir. 

Cara kerjanya output pada sebuah obyek warna di proses untuk membedakan plat nomor dengan frame, maka yang di lakukan adalah pemrosesan gambar sehingga menemukan posisi serta ukuran dari obyek yang akan di kelola.pada pemrosesan ini terlebih dahulu melakukan penelusuran (scanning) pixel dan penskalaan, sehingga secara otomatis akan didapatkan nilai posisi dan ukuran dari obyek yang sedang dideteksi kemudian untuk membantu pengenalan grayscale dan thresholding. Pengujian untuk membedakan warna obyek serta menampilkan plat nomor dengan menggunakan kamera web adalah menggunakan sistem Integral proyeksi dan sistem moving detector yaitu dengan mengambil atau meng capture sebuah badan mobil (frame) setelah memperoleh hasil diproses dengan menggunakan LPF (low pas filter) untuk memperoleh hasil yang maksimal maka terlebih dahulu adalah mengatur intensitas dari suatu pencahayaan.

Kelebihan :
- Mempermudah dalam mengenali nomer plat kendaran dengan cepat dan akurat
- Tidak membuat macet saat antri di parkiran
- Mengurangi tingkat resiko pencurian kendaraan

Kekurangan :
- Sistem yang mahal
- Perlu adanya perawatan yang intens agar sistem tidak cepat rusak

Video 5. Contoh sistem deteksi plat kendaraan

Ternyata guys masih banyak lagi sistem cerdas yang berada disekitar kita. So jangan bosan-bosan untuk menggali informasi yang lebih luas ya guys. Mimin disini menjelaskan cukup lima saja hehe. Semoga ilmunya dapat bermanfaat ya guyss.. See yaaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar